Jadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, Yayuk Basuki Ingin Dongkrak Prestasi Olahraga DIY

beritabernas.com – Mantan petenis nomor satu Indonesia dan peringkat 19 WTA tunggal Yayuk Basuki asal DIY resmi menjadi calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari PDI Perjuangan Dapil (Daerah Pemilihan) DIY.

Mantan petenis tunggal putri Indonesia yang meraih sejumlah prestasi dunia dan nasional ini maju menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan karena ia ingin mendongkrak prestasi olahraga di DIY yang makin terpuruk. Untu melancarkan langkahnya ke Senayan menjadi Anggota DPR RI, Yayuk Basuki meminta doa restu dari berbagai tokoh di DIY, termasuk dari mantan Manajer PSS Sleman Hendricus Mulyono alias Mbah Mul, Senin 15 Mei 2023.

Yayuk Basuki (tengah baju kotak-kotak) foto bersama pengurus olahraga golf Sleman. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Saya mohon doa restu dari Mbah Mul untuk maju dalam Pemilu 2024 dari PDI Perjuangan. Sebagai orang Jogja, saya prihatin dengan prestasi olahraga di DIY yang kian terpuruk. Saya ingin mendongkrak prestasi olahraga di DIY agar kembali masuk 6 besar di PON seperti dulu. Saya ingin memperjuangkan itu lewat jalur politik melalui Komisi X DPR RI bila nanti terpilih,” kata Yayuk Basuki saat sowan meminta doa restu dari Mbah Mul di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Senin 15 Mei 2023.

BACA JUGA:

Menurut Yayuk Basuki, salah satu penyebab merosotnya prestasi olahraga di DIY karena keterbatasan anggaran untuk pembinaan atlet. Karena itu, ia ingin memperjuangkan untuk meningkatkan anggaran pembinaan olahraga di daerah melalui APBN. Sebab, pembinaan olahraga di daerah diharapkan akan melahirkan atlet berprestasi tingkat nasional hingga internasional.

Yayuk Basuki foto bersama pengurus KGN DIY dan KGN Sleman. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menanggapi hal itu, Hendricus Mulyono alias Mbh Mul yang juga Penasihat KGN (Kita Ganjar Nusantara) DIY merestui langkah Yayuk Basuki untuk maju sebagai Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, apalagi untuk meningkatkan prestasi olahraga DIY.

Sebab, menurut Mbah Mul, selain sebagai mantan petenis profesional yang berprestasi nasional dan internasional, Yayuk Basuki juga ingin prestasi olahraga di DIY berbicara di tingkat nasional seperti PON. “Dulu DIY selalu masuk peringkat enam besar nasional di PON. Sekarang jangankan berada di peringkat enam besar, untuk mendapat 6 medali saja di PON sulit. Ini yang menjadi keprihatinan kita bersama dan diperjuangkan untuk ditingkatkan lagi prestasi olahraga di DIY,” kata Yayuk Basuki yang memiliki prestasi tertinggi dengan menempati peringkat 19 WTA tunggal putri pada Oktober 1997.

Yayuk Basuki (kedua dari kanan) saat sowan ke Mbah Mul, Senin 15 Mei 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Meski pensiun dari tenis profesional pada tahun 2000, namun ia tetap menjadi pemain aktif hingga 2013. Tahun 2014, wanita kelahiran Yogyakarta pada 30 November 1970 ini, mulai terjun ke dunia politik dan sempat menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PAN.

Kini, Yayuk Basuki yang merupakan anak bungsu dari dari 5 bersaudara dari pasangan Budi Basuki dan Sutini ini, kembali melanjutkan karir politik dengan maju sebagai Caleg DPR RI dan kali ini melalui PDI Perjuangan Dapil DIY.

Ketua DPD KGN (Kita Ganjar Nusantara) DIY Dwi Purnama yang ikut menerima Yayuk Basuki saat sowan ke Mbah Mul yang merupakan Penasihat KGN DIY mendukung langkah Yayuk Basuki menjadi Caleg DPR RI melalui PDI Perjuangan. (lip)




There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *