Kris Tjantra Terpilih sebagai Ketua Umum Ganjarist Periode 2023-2028 secara Musyawarah dan Aklamasi

beritabernas.com – Kris Tjantra terpilih sebagai Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 secara musyawarah dan aklamasi dalam Rapat Umum Anggota (RUA) di Hotel Grand Kemang Jakarta, Senin 4 September 2023.

Tercatat 210 satuan relawan (satrel) dari 233 jumlah satrel di seluruh Indonesia dan luar negeri, hadir secara offline dan online dalam psta demokrasi pemilihan Ketua Umum Ganjarist yang pertama yang juga diikuti oleh Dewan Pendiri, Dewan Pakar dan Pengurus Kornas Ganjarist serta sayap organisasi Ganjarist.

Ketua Panitia sekaligus pemimpin sidang Ratnaningrum Djaroem menegaskan, jumlah pemilih sudah quorum, memenuhi syarat jumlah minimal pemilih sah, yaitu lebih dari separuh jumlah satrel. Dalam pemilihan ini, satu satrel yang diwakili ketua satrel mempunyai hak satu suara. (Satu satrel, satu suara).

Kris Tjantra, Ketua Umum Ganjarist 2023-2028. Foto: Istimewa

Saat membuka persidangan, Ratna Djaroem juga menyampaikan hanya seorang kandidat yang mencalonkan dan dicalonkan, yaitu Kris Tjantra, Plt Ketua Umum Ganjarist. Sedangkan dua calon lain, masing-masing dari 2 satrel daerah, tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Panitia.

“Untuk saat ini, Ketua Umum Ganjarist dipilih dari unsur dewan pendiri dan pengurus nasional karena dengan harapan mereka telah dikenal oleh anggota Ganjarist di seluruh Indonesia. Dari kriteria yang sesuai dengan ketetapan Panitia Pemilihan, hanya satu orang yang memenuhi persyaratan,” jelas praktisi hukum ini.

Dengan demikian, Kris Tjantra, kelahiran Jakarta 30 Juli 1979 ini menjadi calon tunggal. Sesuai tata tertib pemilihan, staf ahli Wantimpres ini dapat dipilih secara aklamasi dengan mekanisme musyawarah mufakat. Namun demikian, sebagai ketua sidang, Ratna tetap memberikan kesempatan kepada wakil dari satuan relawan yang hadir untuk menuliskan nama pilihan dan nama satrel di papan tulis yang telah disediakan.

BACA JUGA:

Demikian juga satrel yang hadir secara daring tetap direkap pilihannya. Hasilnya seluruh satrel yang hadir dan telah terverifikasi yang berjumlah hampir 200-an satrel memilih Kris Tjantra. Pimpinan sidang pun mengetok palu, mengesahkan Kris Tjantra sebagai Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028 yang sah.

Selanjutnya, pimpinan sidang melantik dan meminta Kris Tjantra mengucapkan sumpah jabatan. Didampingi mereka yang hadir dari unsur dewan pendiri, dan dewan pakar, serta satrel dan sayap organisasi Ganjarist, Kris Tjantra mengucapkan sumpah jabatan.

“Saya, Kris Tjantra, dengan ini bersumpah, bahwa saya senantiasa akan menjalankan jabatan saya dengan jujur dan berlaku adil dalam menjalankan tugas sebagai Ketua Umum Ganjarist periode 2023-2028,” ucapnya dengan lantang.

Usai pelantikan dan pengucapan sumpah, kepada awak media, Kris Tjantra menegaskan kembali program kerjanya. Ia akan memimpin Ganjarist untuk fokus pada tiga hal, yaitu menggarap Gen Z dan media sosial, bergerak di akar rumput dan pengawasan TPS. Tiga fokus program dilakukan dalam rangka membawa organisasi relawan Ganjarist untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI periode 2024-2029. “Saat ini popularitas Ganjar Pranowo baru 80-an persen, masih bisa ditingkatkan 10 persen lebih,” tekadnya.

Ketua Umum Terpilih mengucapkan sumpah didampingi unsur Dewan Pendiri, Dewan Pembina, Dewan Pakar, Pengurus Kornas, Satrel dan Sayap. Foto: Istimewa

Alumni Universitas Tarumanegara Jakarta ini berujar akan terus mendorong Ganjarist turun ke masyarakat di akar rumput untuk mendengar dan melihat kondisi mereka. “Rakyat membutuhkan bantuan apa dari kita,” tutur Kris.

Ia memberi contoh gerakan Ganjarist satrel Jawa Tengah yang membantu masyarakat di daerah kekeringan dengan memberi bantuan air bersih. “Kita membuat program yang kreatif, tidak membutuhkan dana yang besar tapi bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Kris Tjantra mengarahkan program untuk mengejar swing votters dengan mengadakan kegiatan-kegiatan di kantong-kantong yang belum banyak memilih Ganjar. Event-event besar yang melibatkan relawan Ganjarist saja dirasa tidak efektif, karena yang hadir sudah pasti memilih Ganjar. “Mereka kan sudah menaruh kaki ke Ganjar, kita akan menyasar dan melibatkan mereka yang belum punya pilihan,” tegasnya.

Ketua Sidang Ratna Djaroem didampingi wakil dan sekretaris tengah memimpin sidang pemilihan Ketua Umum Ganjarist di Hotel Grand Kemang Jakarta, Senin 4/9. Foto: Istimewa

Selain menyasar swing votters, Ganjarist akan menggarap kaum milenial atau Gen Z. “Mereka adalah penduduk digital. Kami akan all-out menggarap mereka,” tekadnya.

Kris Tjantra juga akan meningkatkan sinergi dengan kelompok relawan lain dan parpol pengusung Capres Ganjar Pranowo. “Waktu sudah mepet tersisa kurang dari 165 hari, semua harus bergerak bersama memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024,” tekadnya.

Disinggung soal siapa Cawapres Ganjar yang diharapkan oleh Ganjarist, Krist Tjantra menegaskan, soal siapa sosok cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, haruslah sosok yang sefrekuensi dengan Ganjar. (AS)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *