Terkait Masalah Sampah, PSI Kota Yogyakarta Sampaikan Petisi kepada Pj Walikota Yogyakarta

beritabernas.com – PSI Kota Yogyakarta menyerahkan petisi kepada Pj Walikota Yogyakarta Singgih Rahardjo SH MEd, Senin 4 September 2023. Petisi itu antara lain berisi desakan kepada Pemkot Yogyakarta agar segera mengatasi masalah sampah di Kota Yogyakarta.

Petisi disampaikan oleh 9 kader PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kota Yogyakarta langsung kepada Pj Walikota Yogyakarta Singgih Rahardjo SH MEd. Para kader PSI yang dikoordinasi oleh Ketua DPD Kota Yogyakarta Denny Irawan SH membacakan dan menyerahkan petisi terkait masalah problem sampah yang hingga kini belum diatasi selama lebih dari 10 tahun di Kota Jogja. Pada kesempatan itu, Pj Walikota didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta beserta staf Pemkot.

Ketua DPD Kota Yogyakarta Denny Irawan SH mengatakan apa yang disampaikan merupakan representasi suara dan aspirasi dari ribuan warga di Kota Yogyakarta. “Kami mempunyai tugas, fungsi dan tanggungjawab moral sosial untuk menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi dari warga masyarakat untuk disampaikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta,” kata Denny Irawan dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Senin 4 September 2023.

Kader PSI Kota Yogyakarta saat menyampaikan petisi kepada Pj Walikota Yogyakarta Singgih Rahardjo SH MEd, Senin 4 September 2023. Foto: Dok PSI

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, PSI menyampaikan 3 poin penting kepada Pj Walikota Yogyakarta. Pertama, Pemerintah Kota Yogyakarta perlu segera merealisasikan langkah-langkah penanganan yang bersifat lebih progresif dan komprehensif dan selambatnya dalam waktu 1 tahun ke depan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang didukung dengan peralatan teknologi canggih untuk proses pengolahan dan daur ulang sampah dengan skala besar secara memadai.

Kedua, persoalan sampah di DIY, khususnya di Kota Yogyakarta, telah menjadi permasalahan extra-ordinary dan sangat fundamental khususnya bagi citra wajah Yogyakarta. Karena itu PSI mendesak Pemerintah Kota Yogyakarta untuk segera membentuk Tim Khusus Penanganan Sampah guna memastikan seluruh unsur aparatur yang ada di Dinas Pemerintahan Kota Yogyakarta menjalankan tupoksi dengan lebih serius, efektif dan maksimal.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi aktivitas atau pelaksanaan program pemerintah yang hanya bersifat seremonial atau formalitas di tengah masyarakat, apalagi membebankan solusinya hanya kepada masyarakat. Sebab penanganan masalah sampah ini harus dilakukan secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan dimana Pemerintah Daerah/Kota-lah yang memiliki wewenang dan tanggung jawab besar untuk memimpin penyelesaiannya bersama warga.

BACA JUGA:

Ketiga, PSI mendesak Pemerintahan Kota Yogyakarta beserta Dinas terkait di Kota Yogyakarta segera menjalankan semua aturan, kebijakan dan regulasi yang telah ada, bukan dengan cara-cara yang normatif namun secara lebih progresif, efektif dan efisien.

Singgih Rahardjo menerima dengan sangat positif petisi dari PSI dan menganggap hal itu sebagai masukan penting untuk jajarannya yang segera akan direspons dan ditindaklanjuti. Pada kesempatan itu terjadi perbincangan yang serius dan fokus antara Pj Walikota dan para kader PSI.

Perwakilan kader PSI Kota Yogyakarta yang hadir selain Denny Irawan SH, adalah Wahyu Suwarsih, Rio Prista, Wahyu arianto, Norma Prasetyarini, Sulisdiyanto, Yosua Lapudooh, Hendro Nugroho dan Kus Indarto. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *