Lomba Esai, Cara Prodi Rekayasa Tekstil FTI UII Membangun Kepekaan Gen Z dalam Bidang Teknologi Tekstil

beritabernas.com – Program Studi (Prodi) Rekayasa Tekstil FTI UII mengadakan lomba esai nasional. Lomba yang diikuti 190-200 siswa/siswi SMA/SMK/MA atau sederajat dari seluruh Indonesia yang kemudian diambil 10 besar itu dan terakhir dipilih 4 juara yang diumumkan pada Kamis 11 Januari 2024.

Lomba menulis esai tentang tekstil ini, menurut Ir Agus Taufiq MSc, Ketua Program Studi Rekayasa Tekstil, Program Sarjana FTI UII, sebagai salah satu upaya untuk membangun kepekaan Gen-Z dalam bidang teknologi tekstil.

Dalam lomba kali ini keluar sebagai Juara I yakni I Gusti Agung Gede Tritisan Niyasa dari SMAN 3 Denpasar, Bali, Juara II Dian Nur Wahid (SMKN 2 Karanganyar), Juara III Abdullah Fathurrahman (SMA Islam Terpadu Mentari Ilmu, Karawan) dan Juara Favorit Khaerul Anwar dari SMAN 1 Cariu, Bogor.

Sebagian peserta lomba esai. Foto: tangkapan layar zoom

Menurut Agus Taufik, dengan lomba esai ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, menghasilkan ide-ide inovatif dan kreativitas di bidang pendidikan.

Agus Taufik mengatakan, Prodi Rekayasa Tekstil FTI UII merupakan prodi pionir satu-satunya yang menyelenggarakan pendidikan tekstil untuk Program Sarjana Strata Satu (S1) di Indonesia. Pihaknya berkomitmen menjadi penyelenggara aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu dan pemanfaatan teknologi di bidang manufaktur tekstil dan produk tekstil, serta pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia unggul yang senantiasa berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

BACA JUGA:

Menurut Agus Taufik, Gen Z merupakan generasi yang tumbuh di dunia yang serba digital dan canggih, sebagian besar dari mereka juga telah bermain dengan gadget milik orangtua sejak kecil. Rata-rata Gen Z sudah memiliki ponsel pertama mereka pada usia 10 tahun. Jadi, tidak aneh jika mereka tech-savvy dan begitu lengket dengan gadget, bahkan dapat menghabiskan waktu setidaknya 3 jam sehari di depan layar.

“Generasi Z adalah generasi setelah generasi milenial. Generasi ini merupakan generasi peralihan generasi milenial dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa di antaranya merupakan keturunan dari Generasi X dan milenial. Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet,” kata Agus Taufik.

Sementara Febrianti Nurul Hidayah selaku ST BSc MSc, Ketua Pelaksana yang juga Dosen Jurusan Program Studi Rekayasa Tekstil, Program Sarjana FTI UII, mengatakan, selain lomba esai, Prodi Rekayasa Tekstil FTI UII juga melakukan kunjungan kampus atau Campus Tour.

Suasana pengumuman hasil lomba esai, Kamis 11 Januari 2024. Foto: tangkapan layar zoom

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting dalam proses seleksi perguruan tinggi bagi siswa SMA/SMK/Ma sederajat. “Melalui tur kampus ini, memungkinkan siswa untuk dapat melihat secara langsung lingkungan kampus dan memutuskan apakah itu cocok untuk mereka,” kata Febrianti Nurul Hidayah.

Dari lomba esai ini, menurut Febrianti, diharapkan ke depan teknologi dalam bidang tekstil mendapat perhatian yang lebih besar dari gen Z seperti halnya tema esai kali ini yakni Membangun Kepekaan Gen-Z dalam bidang teknologi tekstil. Selain itu agar Prodi Rekayasa Tekstil semakin dikenal masyarakat.

“Lomba esai ini diharapkan dapat diselenggarakan secara periodik yang bukan hanya mengasah kemampuan siswa, tapi juga meningkatkan sinergi dari pendidikan menengah ke atas dengan perguruan tinggi,” kata Febrianto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *