Peringati HAN 2023, Wedomartani Ngemplak Gelar Lomba Poster Anak

beritabernas.com – Menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman DIY menggelar Lomba Membuat Poster untuk Anak di pendopo kalurahan setempat, Sabtu 22 Juli 2023.

Sebanyak 39 anak yang bersekolah di sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kalurahan Wedomartani mengikuti lomba tersebut. Beragam kreativitas mereka goreskan dalam lembar kertas putih yang telah dibagikan. Selama 120 menit para peserta yang didampingi orangtuanya dengan asyik dan tekun menyelesaikan poster-poster dengan beragam pesan kepedulian pada anak.

Selama 120 menit anak-anak peserta Lomba Membuat Poster Anak menyelesaikan karyanya dengan kreativitas masing-masing, Sabtu (22/7/2023). Foto: AG Irawan/ beritabernas.com

Ketua panitia Salsabila As Syifa As Syakira (17) mengatakan, acara tersebut digelar untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023. “Dalam acara Hari Anak di Wedomartani kali ini, kami tidak memiliki tema khusus. Kami ingin memberi wadah untuk pengembangan kreativitas anak. Sehingga yang memiliki bakat menggambar mampu semakin mendapat tempat dan tersalurkan dengan baik,” ungkapnya di sela acara.

Sementara Kamituwa Wedomartani H.Mujiburokhman S.Ag, MA mengatakan anak-anak sebagai investasi. Membuat poster ini sebagai produk kreatif. Poster bisa menjadi sarana edukasi yang efektif di tengah masyarakat.

BACA JUGA:

“Lomba poster kali ini diperuntukkan bagi siswa kelas 4 hingga kelas 6 SD. Bukan persoalan menang dan kalah. Tapi yang lebih penting bakat yang dimiliki tiap anak harus dipupuk. Semoga tercipta anak cerdas dan berakhlak mulia,” terangnya di hadapan peserta.

Pada lomba kali ini, juara 1 diraih Azalia Mufida dari SDN Krapyak 1 dengan nilai 1.051. Menyusul juara 2 Hanifa Rifda Nur dari SDM Pokoh 1 (1.016) dan juara 3 Nayla Fairuzaqori dari SDN Krapyak 1 (978). Sedangkan juara harapan 1 Zaela Takara Andarisa dari SD Model (921) serta juara harapan 2 Sakana Auistha Arifin dari SDN Krapyak 2 dengan nilai 871. Masing-masing juara mendapatkan piala.

Para juri menilai setiap karya anak yang tersaji dalam Lomba Membuat Poster Anak di Kalurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (22/7/2023). Foto: AG Irawan/beritabernas.com

Ketua Dewan Juri Arief Winarko yang juga aktivis Perkumpulan Anak Bumi Indonesia menerangkan, gambar yang tersaji sebagian besar menggambarkan kedekatan dunia mereka. Ada yang terpengaruh genre anime. Ada yang dekat dengan dunia yang gembira ditunjukkan dengan kombinasi warna yang mencolok. Bahkan ada yang mengangkat harmoni keberagaman di Indonesia. “Yang membanggakan, selama lebih dari 2 jam mereka lepas dari gawai atau hp. Ternyata justru kreativitas yang muncul makin beragam,” katanya.

Tema nasional HAN 2023, Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada tahun 2045 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak. Harapannya, lomba poster anak di Wedomartani ini terlahir anak-anak yang cerdas dan penuh empati. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *