Pramuka Penggalang SD Eksperimental Mangunan Gowongan Belajar Home Industri

beritabernas.com – Pramuka Penggalang SD Eksperimental Mangunan Gowongan, DIY belajar home industri atau industri rumah tangga pada kegiatan live in yang dilaksanakan sejak Jumat 23 Pebruari sampai dengan Minggu 25 Februari 2023.

Pada hari pertama live in peserta didik mengenal kehidupan beserta keluarga induk semang yang ditempati. Sementara pada hari kedua peserta didik belajar tentang wirausaha dengan berkunjung ke home industri pembuatan wingko. 

BACA JUGA:

Home industri pembuatan wingko yang dikunjungi adalah home industri Mekar 2 yang dikelola oleh Denik Sri Leksonowati. Peserta didik belajar dari proses pengolahan bahan, pengopenan dan packeging dengan dibimbing oleh tim dari home industri Mekar 2 Kokap, Kulonprogo. 

Peserta live in melakukan proses packeging wingko. Foto: agung bp

Sementara pada hari ketiga peserta didik belajar di home industri pembuatan gula kelapa (gula merah). Peserta didik peserta dibagi menjadi 3 kelompok dengan pembagian antara lain kelompok 1 ke tempat home industri rumah Philipus Suratman, kelompok 2 ke rumah Toni dan Bu Agnes. 

Di lokasi peserta didik belajar dan mengamati tentang proses mulai dari penyiapan bumbung untuk tempat nira, pengambilan nira yang sudah ada, penyaringan dan memasak nira sehingga menjadi gula yang siap dicetak. 

Peserta didik belajar proses membuat wingko di Home Industri Mekar 2 Kokap, Kulonprogo. Foto: agung bp

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan pengalaman  yang baru, mengenai usaha masyarakat kecil dan menengah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berwirausaha. 

Peserta didik sangat antusias dalam proses pembuatan wingko ataupun gula merah. Mereka merasakan pengalaman yang baru, mendapatkan edukasi dan pembelajaran dari proses sampai hasil yang bisa dijual.(agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *