Senandung Nusantara Radio Sasando90.3fm Ajang Audisi Penyanyi Muda Berbakat

beritabernas.com – Setelah sekitar 20 tahun vakum, kini Radio Sasando90.3fm kembali menggelar lomba nyanyi solo vocal dengan nama Senandung Nusantara. Lomba nyanyi solo/perorangan ini merupakan ajang audisi penyanyi muda berbakat.

Untuk tahun 2023 ini, Radio Sasando90.3fm bersama Paguyuban Nusantara Yogyakarta dan Kepolisian Daerah (Polda) DIY menggelar lomba solo vocal Senandung Nusantara untuk penyanyi muda berbakat usia 16-27 tahun, dengan hadiah fantastis berupa uang pembinaan Rp 100 juta untuk 10 finalis atau masing-masing Rp 10 juta tiap finalis plus masing-masing trofi dan piagam.

Peserta lomba solo vocal Senandung Nusantara Radio Sasandofm90.3 mengikuti technical meeting, Jumat 7 Juli 2023 sore. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Menurut Daniel Damaledo SE MA, Owner Radio Sasando90.3fm, dalam acara Technical Meeting peserta audisi di Kafe Kebun Radio Sasando Jalan Adisucipto-Ambarukmo IV/R.15 Kapanewon Depok ,Sleman, Jumat 7 Juli 2023 mengatakan, lomba nyanyi solo vocal Senandung Nusantara ini bertujuan untuk mencari penyanyi muda berbakat/ bertalenta dari berbagai kalangan/daerah Nusantara yang saat ini berdomisili di Yogyakarta.

BACA JUGA:

“Mereka dipromosikan atau diorbitkan untuk menjadi penyanyi profesional. Selain itu, event ini untuk ikut memeriahkan HUT ke-77 Bhayangkara dan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 serta HUT ke-21 Radio Sasandofm,” kata Daniel Damaledo.

Peminat membludak

Sementara Yeskiel Damaledo, putra pertama Daniel Damaledo yang dipercaya mengelola Radio Sasandofm, mengatakan peminat lomba solo vocal Senandung Nusantara Radio Sasando kali ini membludak. Sejak pendaftaran dibuka pada 4 Juni hingga 25 Juni 2023, jumlah peserta mencapai sekitar 300 orang.

Peserta Senandung Nusantara Radio Sasandofm90.3. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Kemudian diseleksi dan akhirnya terpilih 50 orang untuk mengikuti audisi di Radio Sasandofm90.3 pada 10 dan 11 Juli untuk memilih 30 peserta yang lolos pada babak berikutnya. Kemudian, 30 peserta yang lolos akan mengikuti audisi berikutnya di Radio Sasandofm90.3 pada 13 Juli 2023 untuk memilih 20 peserta untuk maju ke babak final. Selanjutnya, 20 peserta yang lolos akan maju ke final pada 18 Juli 2023 di tempat yang akan ditentukan kemudian untuk memilih 10 pemenang akan menjadi juara bersama dan mendapatkan hadiah masing-masing Rp 10 juta atau total Rp 100 juta untuk 10 pemenang.

Menurut Yeskiel, 10 finalis terpilih selanjutnya akan mengikuti coaching clinic dan dibina secara berkelanjutan oleh para praktisi /pelatih profesional untuk diorbitkan menjadi penyanyi profesional.

Yeskiel Damaledo (kedua dari kiri) bersama 3 dari 5 tim juri (bertiga ke kanan) dalam acara technical meeting, Jumat sore. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Tim juri terdiri dari 5 orang yag berasal dari Universitas Kristen Immanuel (UKRIM Yogyakarta), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan pemerhati seni olah vokal serta musisi profesional di Yogyakarta.

Harapan ke depan, lomba solo vocal ini akan berlanjut atau dilakukan setiap tahun sebagai ajang kompetisi tahunan, ajang pencarian penyanyi berbakat, bertalenta sehingga mampu bersaing di kancah penyanyi profesional di Tanah Air bahkan mancanegara.

Radio Sasando90.3fm Yogyakarta sebagai penyelenggara event mempersiapkan lagu-lagu yang dilombakan pada ajang lomba nyanyi solo vocal tahun ini, merupakan lagu-lagu terseleksi  da menjadi pilihan lagu terfavorit pendengar Radio Sasando90.3fm Yogyakarta baik lagu pop nusantara maupun lagu pop kebangsaan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *