SMK Negeri 3 Yogyakarta dan DLH Kota Yogyakarta Uji Emisi Kendaraan Bermotor

beritabernas.com – Sebagai salah satu upaya mengampanyekan pentingnya udara bersih, SMK Negeri 3 Yogyakarta dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta melakukan uji emisi kendaraan bermotor di halaman depan SMK Negeri 3 Yogyakarta, Senin 27 Mei 2024.

Hal ini merupakan salah satu bagian dari berbagai kegiatan kampanye kesadaran lingkungan bersih dalam Program Sekolah Adiwiyata. Sebagai salah satu sekolah yang memiliki Program Adiwiyata, SMK Negeri 3 Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan kampanye udara bersih .Ini merupakan salah satu program yang digalakkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta untuk membangun kesadaran lingkungan udara bersih pada masyarakat.

Menurut Intan Dewani, Ketua Tim Kerja Pengawasan Lingkungan Dinas Lingkungan Kota Yogyakarta, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kampanye udara bersih dengan membangun kesadaran kendaraan rendah emisi.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melakukan uji emisi kendaraan siswa SMKN 3 Yogyakarta, Senin 27 Mei 2024. Foto: Humas SMKN 3

“Ini merupakan tahun kedua kegiatan uji emisi kendaraan yang mulai rutin dilakukan dan menyasar target sekolah atau perkantoran. Untuk tahun ini salah satu kegiatan dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta,” kata Intan.

Sementara Faiz Mudhokhi, Wakil Kepala Sekolah urusan Humas dan Industri SMK Negeri 3 Yogyakarta, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Senin 27 Mei 2024, mengatakan, kerjasama dengan pihak luar sekolah seperti kegiatan uji emisi kendaraan bermotor sangat bermanfaat, karena sekaligus menguji kesadaran lingkungan udara sekitar warga sekolah.

“Ternyata jumlah kendaraan baik motor atau mobil yang diuji oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta melebihi jumlah kendaraan yang direncanakan untuk diuji. Awalnya hanya 80 kendaraan, namun ketika menjelang selesai ada 10 lebih guru dan siswa ingin kendaraan diuji emisinya,” kata Faiz seraya bersyukur karena kesadaran warga sekolah dengan kondisi emisi kendaraannya cukup tinggi.

BACA JUGA:

Intan menambahkan, uji emisi ini tidak bertujuan untuk menghukum kendaraan yang ber-emisi tinggi sekaligus mensosialisasikan kendaraan untuk rendah emisi bagi para siswa dan guru di sekolah.

Menurut Intan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta berharap kepada pemilik kendaraan bermotor agar ikut memikirkan emisi kendaraan sehingga tidak menyumbang polusi yang tinggi denganbersama-sama mengurangi emisi. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan di berbagai sekolah di Kota Yogyakarta. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *