UNU Yogyakarta Gelar Pelatihan Penggunaan Listrik Tenaga Panel Surya

beritabernas.com – Untuk mendukung UMKM ramh lingkungan, Universitas Nadhlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dibantu Dana Terra mengadakan pelatihan penggunaan tenaga listrik tenaga panel surya di pengrajin batik Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Rabu 17 Mei 2023.

Pelatihan dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNU Yogyakarta yang terdiri dari Program Studi Manajemen dan Program Studi Teknik Elektro UNU Yogyakarta di Paguyuban Batik Tulis Kebon Indah Bayat, Kabupaten Klaten.

BACA JUGA:

Menurut Irwan Novianto selaku Ketua Tim Pengadian Masyarakat UNU Yogyakarta, pelatihan yang didukung oleh Dana Terra BPDLH ini merupakan kegiatan untuk mendukung industri batik yang ramah lingkungan dengan zero emission.

Pada pelatihan ini juga sudah disimulasikan untuk kekuatan listrik dari solar panel digunakan untuk kompor listrik yang akan digunakan untuk membatik

Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta memberikan Pengarahan mengenai teknis penggunaan solar panel kepada ibu-ibu pengurus paguyuban. Foto: Dok UNU

“Alhamdulillah hari ini sudah selesai untuk pelatihan serta simulasi untuk perpindahan otomatis sudah aman juga. Jika listrik PLTS habis, maka otomatis pindah ke PLN. Akan tetapi masih ada beberapa PR yang akan dikerjakan untuk mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan,” kata Irwan

Sementara Sri Windarti selaku sekretaris pengurus inti Paguyuban Batik Tulis Kebon Indah menyampaikan rasa syukur untuk simulasi penggunaan listrik yang bersumber dari PLTS sudah dapat digunakan untuk 4 kompor listrik dan 1 speaker aktif sekaligus.

Dosen Teknik Elektro UNU melakukan monitoring dan pengecekan instalasi. Foto: Dok UNU

“Alhamdulillah listrik yang bersumber dari PLTS karya Tim Pengabdian Masyarakat UNU Yogyakarta yang dibantu Dana Terra ini sudah dapat dimanfaatkan di showroom batik kami,” kata Sri Windarti.

Tim Pengabdian Masyarakat UNU Yogyakarta terdiri dari 2 dosen yaitu Rifqi Syarif Nasrulloh selaku Dosen Program Studi Manajemen dan Irwan Novianto selaku Dosen Program Studi Teknik Elektro. Selain itu ada 4 mahasiswa yang turut bergabung dalam program pengabdian masyarakat ini yakni Rio Ardiansyah dan Akhmad Fakhurrozi, keduaany dari Prodi Teknik Elektro sert Aditya Wahyu Pratama dan Diyon Saputro dari Prodi Manajemen. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *