API DIY akan Fokus Mendorong Pengembangan Produk Kreatif dan Melayani Kebutuhan Anggota

beritabernas.com – Suyatman Nainggolan terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Asosiasi Pertekstilan Indonesia (BP API) DIY periode 2024-204. Ia menggantikan Iwan Susanto yang sudah habis masa jabatannya.

Di bawah kepemimpinan Suyatman Nainggolan, API DIY akan fokus mendorong pengembangan produk kreatif, khususnya untuk industri kecil dan menengah (IKM). Selain itu, API DIY periode 2024-2029 akan fokus pada melayani kebutuhan dan kepentingan anggota serta pemangku kepentingan tekstil lainnya.

“API DIY mendorong revisi Permendag Nomor 8 tahun 2024 tentang relaksasi impor tekstil karena akan mengancam dan menambah kesulitan industri kecil menengah (IKM). Selain itu, API DIY berupaya meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dan memperjuangkan kepentingan anggota serta para stakeholder industri pertekstilan di DIY. Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan API sebagai organisasi yang kuat dan maju,” kata Robby Kusumaharta, Anggota Dewan Penasihat API DIY, dalam jumpa pers di Kafe & Resto Poenakawan Jalan KH A Dahlan Yogyakarta, Selasa 28 Mei 2024 siang.

Robby Kusumaharta (paling kanan) saat menyampaikan keterangan kepada wartawan. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sementara Ketua Umum API DIY Suyatman Nainggolan mengatakan, API DIY sebagai sebuah learning organization akan terus menerus meningkatkan kualitas layanan organisasi, meningkatkan manfaat dan berkontribusi bagi perekonomian daerah dan perekonomian nasional menuju Indonesia maju.

Ia juga berkomitmen untuk melanjutkan program pengurus periode sebelumnya yaitu dalam meningkatkan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM) pertekstilan sebagai bagian dari ekosistem industri pertekstilan yang maju serta berkeadilan. Selain itu, API DIY siap menjadi tuan rumah perhelatan internasional tahun 2025.

BACA JUGA:

“Kami berharap dan berdoa, agar rencana perhelatan produsen tekstil sedunia yaitu pertemuan tahunan ITMF 2025 (International Textile Manufacturer Federation) bisa diselenggarakan di Yogyakarta. API DIY ke depan akan mendorong program peningkatan kapasitas IKM dan anggota API DIY sebagai pilar ekonomi daerah, peningkatan kapasitas human capital melalui revitalisasi keterampilan dan pendidikan vokasi, advokasi kebijakan untuk mendorong peningkatan kualitas iklim kemudahan berusaha, dan penguatan tata kelola organisasi API DIY,” kata Suyatman Nainggolan.

Kepengurusan API DIY periode 2024-2029 terdiri dari Dewan Pembina yakni GKR Mangkubumi (Ketua KADIN DIY), Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan DIY, Iwan Susanto (KSM Mantan Ketua API DIY), Drs HM Gandung Pardiman, Dr Irwandi M.Sn (Rektor ISI).

Ketua Umum API DIY Suyatman Nainggolan (kedua dari kiri) didampingi Iwan Susanto, KSM Mantan Ketua API DIY (ketiga dari kanan), Robby Kusumaharta (paling kanan) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi & Keanggotaan Timothy Apriyanto (kiri) saat memberi keterangan kepada wartawan, Selasa 28 Mei 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Kemudian Dewan Penasehat terdiri dari Shyam Lal Uttam (BRA), Robby Kusumaharta, Cho Hyun Bo serta Dewan Pakarterdiri dari Dr Amirullah, UNY dan UII.

Sementara Badan Pengurus API DIY periode 2024-2029 terdiri dari Ketua Umum Suyatman Nainggolan, Wakil Ketua Bidang Organisasi & Keanggotaan Timothy Apriyanto dan Sekretaris Organisasi A Rosari Budi Pawesti (BRA), S Happy Rianawati (MTG) dan Slamet (KSM) serta Bendahara Elizabeth A Shintalia (Samitex Sewon).

Kepengurusan dilengkapi Wakil Ketua Bidang Industri & Perdagangan Clovis Mace (Maesindo) Spinning, Weaving, Finishing; Wakil Ketua Bidang Ekonomi Dr Y Sri Susilo (Ameya), Wakil Ketua Bidang IKM Emiritia Pratiwi, Endro Kuswarjo, Ifa M Dewi dan Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan & Revitalisasi Vokasi. (lip)


    There is no ads to display, Please add some

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *