Gelar Senam Sehat di Desa Wisata Tegal Loegood, Yayuk Basuki Dorong UMKM Bangkit

beritabernas.com – Yayuk Basuki, mantan petenis tunggal putri nomor satu Indonesia, mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk segera bangkit setelah pandemi Covid-19. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendorong kebangkitan UMKM tersebut dengan memberi kesempatan kepada pelaku UMKM menjual produk di tengah kegiatan yang menghadirkan banyak orang.

Seperti dilakukan di Desa Wisata Tegal Loegooed, Girikerto, Turi, Sleman, Kamis 28 September 2023, Yayuk Basuki yang menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) DIY mengadakan senam sehat yang diikuti sekitar 500 peserta. Di sekitar lapangan, puluhan pelaku UMKM menggelar dagangan sehingga hampir semua peserta senam berbelanja di sela-sela menunggu senam dan pembagian doorprize.

Yayuk Basuki di antara peserta senam. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Saya ingin mendorong UMKM segera bangkit pasca pandemi Covid-19. Dorongan itu tidak harus memberi modal tapi dengan menghadirkan banyak orang ke tempat ini dan di antara mereka pasti berbelanja, seperti membeli makanan dan minuman maupun produk-produk lain yang diproduksi dan dijual oleh para pelaku UMKM,” kata Yayuk Basuki, satu-satunya petenis profesional putri Indonesia yang pernah menempati rangking 19 dunia.

Bahkan setelah senam sehat yang dihadiri sekitar 500 peserta itu, Yayuk Basuki berkeliling mendatangi satu per satu stand UMKM dan membeli oroduk yang dijual. “Pokoknya semua stand UMKM didatangi dan membeli produk yang dijual,” kata Yayuk Basuki yang didampingi tim sukses dan pendukungnya.

Sementara peserta senam sehat yang sebagian besar perempuan juga beramai-ramai mendatangi stand UMKM dan membeli makanan maupun minuman yang dijual.

BACA JUGA:

“Kami berterima kasih kepada Mbak Yayuk yang sudah menggelar acara senam massal di sini. Karena senam massal yang menghadirkan banyak orang merupakan rezeki bagi kami karena para peserta senam, terutama ibu-ibu, pasti berbelanja di sini. Kami ingin kegiatan seperti ini semakin dan makin banyak orang orang mengadakan acara di sini,” kata Yu Sri, salah pelaku UMKM, yang menjual kupat tahu, es dawet dan makanan kecil/minuman ringan lainnya kepada beritabernas.com.

Senam sehat bugar

Pada Kamis 28 September 2023, Yayuk Basuki bersama tim di bawah koordinasi Agus Suparno dan Bowo, mengisi hari libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menggelar senam sehat bugar di lapangan Dewa Wisa Tegal Loegood Girikerto, Turi, Sleman.

Sejak pagi, peserta senam berdatangan ke lokasi yang berada di bawah rerimbunan pohon dengan pemandangan alam pedesaan yang indah dan udara yang sejuk. Sambil menunggu senam dimulai maupun saat istirahat dan di sela-sela pembagian doorprize, peserta senam berkeliling menikmati suasana Desa Wisata Tegal Loegoed yang indah.

Yayuk Basuki membeli makanan dan minuman di stand UMKM Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Kami sengaja menggelar kegiatan yang menghadirkan banyak orang di tengah kampung untuk menghidupkan ekonomi warga. Karena peserta senam pasti ada yang berbelanja produk UMKM di sekitar lokasi dan ada pemasukan juga dari jasa parkir,” kata Agus Suparno kepada beritabernas.com di lokasi senam.

Senam sehat bugar bersama Yayuk Basuki yang diikuti peserta secara gratis itu menghadirkan instruktur senam profesional Chamik dan Adhi serta Lastri. Yayuk Basuki pun berbaur dengan peserta ikut senam. Para peserta senam yang rata-rata sudah mengenal atau minimal pernah mendengar nama Yayuk Basuki berebutan foto dan bersalaman dengan Yayuk Basuki. Selain diikuti secara gratis, peserta senam pun mengikuti undian doorprize dengan hadiah utama sepeda. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *