Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito Kunjungi DIY, Dr Raden Stevanus: Buka Pintu Kerja Sama

beritabernas.com – Kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke DIY, khususnya ke Keraton Yogyakarta, pada Rabu 21Juni 2023, dinilai Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM, Anggota DPRD DIY dari PSI, dapat meningkatkan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia, khususnya dengan Yogyakarta sebagai tujuan kunjungan utama. 

Selain itu, menurut Dr Raden Stevanus, kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke DIY membuka pintu bagi kerja sama yang lebih erat dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, pariwisata, pendidikan, budaya dan pertukaran pelajar.

“Kehadiran Kaisar Jepang Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Yogyakarta memberi pesan yang mendalam bahwa Yogyakarta merupakan sahabat yang ramah, aman yang penuh dengan sejarah, kebudayaan dan keindahan alam,” kata Dr Raden Stevanus kepada beritabernas.com, Jumat 23 2023.

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito (kiri) didampingi Permaisuri saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, pada Rabu 21 Juni 2023. Foto: Istimewa

Menurut politisi muda DIY dari PSI ini, kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Keraton Yogyakarta dilakukan karena Jepang telah menjalin hubungan dengan Yogyakarta sejak Sultan Hamengku Buwono IX bertakhta.

Dengan demikian, menurut Dr Raden Stevanus, kunjungan ini mengulang sejarah tahun 1991, dimana Kaisar Jepang Akihito, ayah dari Kaisar Naruhito, berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan ditemui oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Sejarah berulang, Kaisar Naruhito mengikuti jejak sang ayah untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta pada Rabu 21 Juni 2023,” kata Dr Raden Stevanus.

BACA JUGA:

Selain bertemu Sri Sulta Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Kaisar Naruhito juga meninjau Balai Teknik Sabo dan lokasi lain.

“Kehadiran Kaisar Jepang ke Yogyakarta memberi pesan yang mendalam bahwa Yogyakarta merupakan sahabat yang ramah, aman yang penuh dengan sejarah, kebudayaan dan keindahan alam. Selain itu, kehadiran Kaisar Naruhito di Yogyakarta berpotensi besar dapat meningkatkan minat wisatawan Jepang untuk mengunjungi Yogyakarta. Wisatawan Jepang cenderung memiliki minat yang tinggi terhadap budaya, sejarah dan keindahan alam,” kata Dr Raden Stevanus, Anggota Komisi D DPRD DIY.

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito (kiri) didampingi Permaisuri (pakai masker) saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, pada Rabu 21 Juni 2023. Foto: Istimewa

Denga demikia, kehadiran Kaisar Jepang dapat memberikan dorongan bagi investasi dan kerja sama ekonomi antara Jepang dan Yogyakarta. Jepang memiliki reputasi sebagai investor yang kuat di berbagai sektor di Indonesia.

“Saya berharap kehadiran Kaisar Naruhito bisa membuka peluang investasi dan kerja sama ekonomi antara Jepang dan Yogyakarta. Yogyakarta membutuhkan investasi besar untuk bisa mendorong kesejahteraan. Sebagai wilayah miniatur Indonesia, saya berkeyakinan Yogyakarta bisa memanfaatkan momentum ini menjadi peluang yang dapat mempererat kerja sama,” kata Raden Stevanus. 

Dikatakan, hingga saat ini Jepang dan Yogyakarta memiliki sistem kerajaan yang masih terjaga. Kesamaan ini membuat hubungan Jepang dan Yogyakarta menjadi semakin erat dan terus terjaga. “Semoga bisa terus terjalin dan berkelanjutan untuk harmoni dan kesejahteraan bersama,” harap Raden Stevanus. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *