Renungan Jumat Agung: Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus

Oleh: Romo Antonius Saptana Hadi Pr

beritabernas.com – Passio menggambarkan kisah sengsara Yesus. Kita diajak masuk dalam kisah drama penyaliban Yesus. Apa penyebab Yesus disalibkan?  Ada 3 hal Yesus disalibkan. Power (kekuasaan), Ego, dan Kemarahan

Pilatus merasa memiliki kekuasaan yang besar maka bisa mengatur segala sesuatu, orang-orang di sekitarnya dan menjatuhkan Yesus sebagai korban. 

Ego para imam besar dan ahli taurat memberikan keputusan tanpa mengedepankan etika moral dan kebijaksanaan. Siapa yang dikorbankan Yesus dan orang-orang kecil. 

Kemarahan para serdadu/tentara dan rakyat yang luka hati menyebabkan kehilangan akal sehat. Emosi mereka terbakar tanpa kendali maka terjadi kebakaran amarah yang menghilangkan kemanusiaan.

BACA JUGA:

Pada Jumat Agung ini dan mengawali Novena Pesta Kerahiman Ilahi, kita berdoa bagi kita masing-masing, keluarga dan gereja, agar kita semakin mempunyai hati seperti Hati Yesus yang Maha Kudus, Hati yang Penuh Kerahiman.

Yesus Engkau Andalan kami, bebaskanlah dari nafsu kekuasaan, ego diri dan kemarahan. Salam Hidup damai dan benar di hadapan Allah. Kita berdoa : Tuhan jadikanlah hidup kami benar dan berkenan di hadapanMu dan kami menjadi pembawa damai bagi sesama.  Berkat Tuhan melimpah untuk Indonesia tercinta. (Romo Antonius Saptana Hadi Pr, Pastor Paroki St Petrus dan Paulus Babadan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *