Umat Katolik Merayakan Tri Hari Suci

beritabernas.com – Umat Katolik di seluruh dunia, termasuk di Yogyakarta, merayakan Tri Hari Suci mulai Kamis 28 Maret 2024. Perayaan diisi dengan misa atau Ekaristi kudus di gereja-gereja.

Perayaan Tri Hari Suci diawali dengan misa Kamis Putih mulai sore hingga malam. Misa Kamis Putih merupakan peringatan perjamuan terakhir Yesus bersama murid-muridNya. Dalam misa Kamis Putih antara lain diisi dengan upacara pembasuhan kaki oleh Yesus kepada murid-muridNya.

BACA JUGA:

Dalam hal ini, Yesus diperankan oleh Imam/Pastor yang memimpin misa dan rasul diperankan oleh wakil umat yang kali ini diikuti anak-anak muda wakil dari berbagai lingkungan.

Upacara pembasuhan kaki merupakan simbol atau lambang kerendahan hati Yesus yang datang untuk melayani bukan untuk dilayani. Dalam upacara ini, Imam membasuh kaki 12 wakil umat yang berperan sebagai 12 rarus Yesus.

Suasana perayaan Minggu Palma di Gereja Babadan, Sabtu 23 Maret 2024. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Selanjutnya perayaan Tri Hari Suci adalah Jumat Agung yakni peringatan wafat Yesus Kristus. Dalam perayaan Jumat Agung ini, umat Katolik melakukan penghormatan salib dengan cara mencium salib atau juga dengan cara memegang salib sambil membungkukkan badan.

Upacara penghormatan salib sebagai lambang atau simbol penghormatan umat Katolik atas pengorbanan Yesus yang rela menderita hingga wafat di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Yesus rela berkorban demi menebus dosa-dosa manusia. Manusia, dalam hal ini umat Katolik, pun bertobat lewat pengakuan dosa untuk memulihkan hubungan dengan Tuhan.

Sementara padahari Sabtu Suci umat Katolik merayakan virgili Paskah dengan penyalaan lilin sebagai lambang atau simbol kebangkitan Yesus. Puncak dari rangkaian perayaan Tri Hari Suci adalah parayaan Paskah pada hari Minggu yakni peringatan Hari Kebangkitan Yesus Kristus.

Perayaan Minggu Palmadi Gereja Babadan. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Rangkain perayaan Tri Hari Suci di gereja-gereja diisi dengan misa mulai Kamis. Untuk Gereja Katolik Babadan, misa Kamis Putih berlangsung dua kali pada pukul 18.00 dan pukul 21.00 WIB. Kemudian pada Jumat Agung misa diadakan dua kali pada pukul 15.00 dan pukul 18.00.

Sedangkan pada Sabtu Suci misa juga diadakan dua kali yakni pada pukul 18.00 dan pukul 21.30 WIB. Puncak dari rangkaian Tri Hari Suci adalah perayaan Paskah pada Minggu 31 Maret 2024 dengan misa pukul 07.30 (Paskah anak-anak) dan pada pukul 17.00 WIB. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *