SDN Tegalpanggung Gelar Potensi untuk Membangun Semangat Bisnis Siswa

beritabernas.com – Tidak seperti biasanya, ada suasana yang berbeda di SD Negeri Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta, pada hari Selasa 30 Mei 2023. Pagi itu, ratusan orang terlihat bergembira di lapangan sekolah yang berdiri sejak tahun 1917 tersebut. Adakah yang istimewa?

“Ya, hari ini, seluruh siswa dan para guru yang berjumlah sekitar 250 orang, ditambah orangtua murid dan tamu undangan dari kelurahan dan kecamatan mengikuti acara gelar potensi dengan tema Membangun Jiwa Kreatif dan Penuh Prestasi. Hal ini diwujudkan dalam bentuk Market Day dan Gelar Karya Siswa,” kata Faridha Khuril Maknun S.Ag SPd, Kepala SDN Tegalpanggung, di halaman sekolah tersebut Selasa 30 Mei 2023.

BACA JUGA:

Kegiatan Market Day yang bertujuan untuk membangun jiwa dan semangat bisnis para peserta didik ini, menurut Faridha, terutama diarahkan untuk mendukung prestasi yang telah diraih sekolah, yakni sekolah adiwiyata.

“Di sini para siswa yang didampingi para orangtua, mewakili kelas masing-masing, menggelar jualan makanan dan minuman sehat terutama tanpa bungkusan atau kemasan plastik,” katanya.

Sedangkan gelar karya menampilkan hasil karya para siswa selama setahun berupa hasil karya ketrampilan membatik, pembuatan hiasan dinding, tempat pensil, gerabah dan aneka kembang dari kertas.

Sejumlah siswa memamerkan karyanya dalamacara gelar potensi di SD Negeri Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta, Selasa 30 Mei 2023. Foto: Istimewa

Gelar potensi ini juga dimeriahkan dengan panggung literasi yang diikuti 11 kelas paralel kecuali kelas III yang hanya terdiri atas satu kelas. “Yang ditampilkan juga beragam. Ada gerak dan lagu, drama, puisi, drumband juga hadro. Pilihan tampilan ini merupakan kesepakatan masing-masing kelas yang disesuaikan dengan bakat dan potensi para siswa. Para guru dan orang tua melalui komite sekolah ikut mendukung,” kata Faridha.

Atas potensi yang digali dan ditampilkan ini Faridha juga berharap menjadi semacam ajang sosialisasi kepada masyarakat untuk  mengenal lebih dekat SD Negeri Tegalpanggung. “Harapannya tentu saja tahun ajaran depan minat masyarakat untuk mempercayakan anak-anaknya pada SDN Tegalpanggung akan meningkat,” kata Faridha. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *