Fokki Mendengar Suara Rakyat dari Kampung

beritabernas.com – Selama dua hari berturut turut pada  12-13 Agustus 2023, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, diundang warga untuk menghadiri berbagai acara yang ada di wilayah tersebut. 

Fokki-sapaan Antonius Fokki Ardiyanto-pun selalu memenuhi undangan tersebut untuk mendengar langsung suara rakyat dari kampung. Acara diawali dari Giwangan Gumregah pada 12 Agustus 2023 yang dilaksanakan oleh Kampung Baca Giwangan di Pendopo Ketua Kampung Giwangan Sarjono.

Pada kesempatan itu, Fokki mengatakan bahwa setelah Presiden Jokowi memutuskan pandemi Covid-19 menjadi endemi, diharapkan kegiatan-kegiatan masyarakat kembali pulih. Hal ini untuk menggerakkan roda perekonomian sehingga perekonomian warga segera pulih.

Fokki mengikuti senam pagi dan gerak jalan bersam warga Kampung Miliran. Foto: Istimewa

Untuk itu, dengan acara Giwangan Gumregah ini dapat dijadikan pijakan untuk melompat bagi warga Kampung Giwangan menuju kehidupan yang lebih baik lagi dalam segala hal. Pada kesempatan itu, Fokki juga meninjau Pasar Tondhoraharjo yang merupakan pasar kampung dan menempati lahan milik salah satu warga. Salah satu tokoh masyarakat menceritakan sejarahnya dan berharap supaya pasar ini bisa menjadi pusat perekonomian warga Kampung Giwangan.

Dalam acara tersebut Fokki juga mendonasikan puluhan buku pelajaran sekolah bagi Kampung Baca Giwangan yang didapat dari gotong royong para Brayat Fokki (BraFo). 

BACA JUGA:

Pada malam harinya di tanggal yang sama, Fokki bertemu dengan pemuda-pemuda Kampung Basen dan Kampung Bumen untuk mendengarkan aspirasi para pemuda generasi Z dan milenial di salah satu angkringan di pinggir jalan Kemasan Kotagede. Aspirasi yang muncul adalah permohonan supaya Mas Fokki bisa menjadi penasehat anak milenial yang ada di wilayah tersebut dan dapat membantu kegiatan- kegiatan pemuda dan remaja masjid. 

Selanjutnya pada 13 Agustus 2023 dalam suasana menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Fokki diundang ke Kampung Miliran untuk mengikuti senam pagi dan gerak jalan dari warga setempat. Pada kesempatan itu, Fokki menyampaikan bahwa momentum peringatan hari kemerdekaan ini harus dapat mensolidkan warga Kampung Miliran untuk selalu guyub rukun dan mempererat persatuan warga. Apalagi di tengah momentum tahun politik maka warga harus cerdas, jangan terpengaruh berita berita hoax dan jangan mudah diadu domba. Tetap solid, kompak dan guyub rukun. 

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan. Foto: Istimewa

Masih pada 13 Agustus 2023, pada malam harinya Fokki diundang warga Kampung Celeban dalam acara ngobrol santai. Dalam acara itu muncul aspirasi-aspirasi berkaitan dengan Program Keluarga Harapan PKH, Kartu Menuju Sejahtera KMS, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan persoalan BPJS Kesehatan sampai kepada persoalan Program Indonesia Pintar.

Dalam acara tersebut Fokki menyampaikan bahwa program-program bantuan sosial bagi warga negara itu adalah bukti bahwa negara hadir untuk memenuhi tanggungjawab konstitusional bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara negara. “Itu perintah konstitusi dan apabila ada warga masyarakat yang merasa sebagai tersebut di atas maka layak untuk mendapatkan bantuan sosial,” kata Fokki. 

Bagi Fokki, gerakan mendengar aspirasi dari kampung dalam rangka meneruskan kebaikan di wilayah Umbulharjo dan Kotagede akan terus dilakukan dalam kerangka kerja nyata di masyarakat yang bermuara pada keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat sesuai perintah konstitusi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *