Pesan Penggembalaan MPH PGI Wilayah Yogyakarta: Warga Gereja Perlu Mempertimbangkan Rekam Jejak Calon

beritabernas.com – Ketua MPH PGI Wilayah Yogyakarta Pdt Em Bambang Sumbogo menyampaikan pesan penggembalaan sebagai salah satu pedoman dan landasan sikap gereja sebagai organisasi maupun sebagai komunitas umat Kristiani, khususnya di DIY.

Dalam pesan penggembalaan itu, Ketua MPH PGI Wilayah Yogyakarta Pdt Em Bambang Sumbogo meminta setiap warga gereja agar berpartisipasi dalam pemilu untuk menyalurkan hak konstitusinya dengan mempertimbangkan rekam jejak setiap calon yang akan dipilih, integritas pribadi, ketaatan pada konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, setiap warga gereja agar proaktif untuk mengupayakan dialog damai dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada. PGI Wilayah DIY sendiri menyatakan keprihatinan atas situasi kehidupan politik bangsa Indonesia yang berpotensi terhadap disintegrasibangsa. Karena itu, pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri perlu tetap bersikap imparsial sesuai regulasi dan perundangan yang berlaku.

BACA JUGA:

Menurut Pdt Em Bambang Sumbogo, dalam situasi menjelang pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024, kita perlu menyuarakan suara kenabian. Kita landasi sikap moral ini berdasarkan Yeremia 29:7-9 (TB) : “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan! Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN.”

Landasan moral kedua, menurut Pdt Em Bambang Sumbogo, adalah keteladanan Nabi Yunus yang berseru dengan lantang agar umat Niniwe bertobat dan kembali pada jalan yang benar sesuai panggilan Allah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *