Begini Komentar Semifinalis Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm

beritabernas.com – Ajang mencari bakat bidang seni suara atau menyanyi Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm telah memasuki babak semifinal pada Kamis 13 Juli 2023 sore hingga malam. Dari 30 peserta yang lolos ke semifinal, akan dipilih 20 peserta yang maju ke final yang menurut rencana akan digelar pada 20 Juli dari rencana semula digelar 18 Juli 2023.

Bagaimana komentar peserta semifinal tentang ajang mencari bakat Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm? Keisha Majesty, mahasiswi yang memasuki Semester VII Fakultas Agama Kristen UKRIM Yogyakarta, salah satu dari 30 semifinalis, mengaku ajang ini sangat baik untuk mengasah bakat dan menggali potensi menyanyi yang dimiliki anak muda.

Naura Alia, mahasiswi yang memasuki semester VII Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya UGM, Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Dengan mengikuti Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm ini, Keisha mengaku memacu diri untuk mengembangkan talenta, bakat dan potensi untuk menjadi penyanyi profesional. Karena itu, Keisha yang mengaku dari Mamasa, Sulawesi Barat mengharapkan Senandung Nusantara terus berlanjut setiap tahun.

“Ini menantang diri sendiri untuk berani tampil di depan banyak orang sekaligus ajang untuk mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki,” kata Keisha.

Sementara Belkis Taratujini, semifinalis lainnya, mahasiswi semester II Fakultas Ilmu Budaya UGM, mengaku salut dengan adanya ajang Senandung Nusantara untuk menyalurkan bakat terpendam anak muda di bidang seni suara.

“Bagus sih jadi wadah bagi teman-teman yang punya bakat terpendam tapi belum ada tempat untuk menyalurkannya,” kata Belkis.

Rahel Alea Andriana, siswi Kelas XII SMA Negeri I Wates, Kulonprogo. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Belkis yang asal Jogja ini mengaku tahu informasi Senandung Nusantara dari Instagram lalu iseng mendaftar dan ternyata benar bahkan peminatnya banyak. Ia pun sangat mendukung ajang seperti ini terus diadakan agar anak-anak muda yang punya bakat terpendam bisa tersalurkan secara positif.

Sedangkan Naura Alia, mahasiswi yang memasuki semester VII Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya UGM, mengaku mengikuti ajang ini setelah mendapat informasi dari teman. Ia pun iseng mendaftar dan ternyata diterima.

BACA BERITA TERKAIT:

Menurut Naura, Senandung Nusantara merupakan salah satu sarana bagi anak muda untuk menyalurkan bakat sekaligus untuk mengukur kemampuan di bidang menyanyi. Ia pun mendukung ajan ini terus diadakan setiap tahun.

Hal yang sama disampaikan semifinalis lainnya, Rahel Alea Andriana, siswi Kelas XII SMA Negeri I Wates, Kulonprogo. Ia mengaku mengikuti ajang Senandung Nusantara ini untuk mengukur sejauhmana kemampuannya di bidang menyanyi. Meski mengaku iseng, namun pelajar SMA ini serius mengikuti lomba dengan tampil maksimal.

Sedangkan Daud Was, seorang karyawan asal Maluku, sangat mendukung keberadaan Senandung Nusantara karena menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan bakat menyanyi.

Daud Was (kanan) bersama Dr Ir Jacky Latupeirisa MA. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Apalagi, menurut Daud, Senandung Nusantara sangat berbeda dengan ajang serupa lainnya. “Di Senandung Nusantara memilih 10 orang juara dengan hadiahnya sama dan nominalnya sangat besar yakni Rp 10 juta per orang. Sementara di ajang serupa lainnya juaranya cuma 1 orang dan ada juara 2 dan 3 serta mungkin juga ada juara harapan. Itu kurang adil,” kata Daud.

30 Semifinalis

Peserta Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm yang lolos ke semifinal sebanyak 30 orang merupakan hasil audisi atau seleksi 50 peserta yang berlangsung dua hari, yakni pada 10 dan 11 Juli 2023, masing-masing 25 peserta audisi per hari.

Dari 30 orang yang tampil di semifinal tersebut, dipilih 20 peserta yang lolos ke final pada 20 Juli 2023 untuk memilih 10 pemenang dengan hadiah masing-masing Rp 10 juta per orang atau Rp 100 juta untuk 10 orang. Tim juri terdiri dari 5 orang yang berasal dari Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) Yogyakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan pemerhati seni olah vokal serta musisi profesional di Yogyakarta.

Sebelumnya, total pendaftar Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm sejak 4 Juni hingga 25 Juni 2023 mencapai sekitar 300 orang. Senandung Nusantara 2023 Radio Sasando90.3fm merupakan hasil kerjasama Radio Sasando FM dengan Polda DIY untuk memperingati HUT ke-77 Bhayangkara dan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 serta HUT ke-21 Radio Sasandofm. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *