UPN “Veteran” Yogyakarta: Hargai Hak Pilih Setiap Orang Tanpa Intervensi dan Provokasi

beritabernas.com – Setelah puluhan perguruan tinggi ternama di Indonesia, baik negeri maupun swasta, mengeluarkan pernyataan sikap terkait situasi kampanye dan Pemilu 2024, kini giliran UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan pernyataan serupa.

Salah satu poin dari 4 poin pernyataan sikap UPN “Veteran” Yogyakarta yang dibacakan Prof Dr Ir Conradus Danisworo MSc di halaman Gedung Rektorat Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta, Rabu 7 Januari 2024, adalah meminta semua pihak untuk menghargai hak pilih setiap warga negara tanpa intervensi dan provokasi yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mencederai demokrasi.

BACA JUGA:

Selain itu, UPN “Veteran” Yogyakarta menyeru kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya pemilu. Kemudian, menghimbau seluruh warga negara yang mempunyai hak pilih agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Kami mengajak segenap komponen bangsa untuk bersatu demi terselenggaranya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” kata Prof Danisworo yang didampingi jajaran rektorat, dosen, mahasiswa, staf dan alumni UPN “Veteran” Yogyakarta ini.

Prof Dr Ir Conradus Danisworo MSc membacakan pernyataan sikap UPNVY di halaman Gedung Rektorat Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta, Rabu 7 Januari 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Pada kesempatan itu, Prof Danisworo juga mengatakan bahwa dua sesanti UPN “Veteran” Yogyakarta yakni Widya Mwat Yasa dan semangat Dharma Eva Hatto menjadi landasan dalam pernyataan sikap ini.

“Sebagai lembaga yang didirikan oleh pejuang kemerdekaan RI maka sudah selayaknya kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi terselenggaranya pemerintahan yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Guru Besar Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta ini. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *